banner 728x90

6 Bahaya Perut Buncit Bagi Kesehatan Dan Cara Mengatasinya

Apakah Anda memiliki masalah dengan perut buncit dan berlemak? Sebaiknya segera lakukan langkah-langkah yang tepat untuk mengecilkannya. Karena memiliki perut buncit ternyata berbahaya bagi kesehatan.

Hal ini disebabkan karena lemak perut atau lemak visceral merupakan lemak yang tertimbun di bawah otot dan mengelilingi organ vital dan akan dimetabolisme di hati yang kemudian akan diubah menjadi kolesterol darah, sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan.

Bahaya Perut Buncit

Bahaya Perut Buncit

Berikut ini beberapa resiko gangguan kesehatan yang mungkin terjadi akibat perut buncit.

1. Resiko Penyakit Jantung
Banyaknya timbunan lemak pada area perut dan pinggang dapat memicu penyakit jantung karena lemak dan pembekuan yang masuk ke dalam aliran darah.

 2. Diabetes
Kadar glukosa dalam darah meningkat dapat meningkatkan resiko diabetes. Lemak perut juga telah dikaitkan dengan gangguan metabolisme yang merupakan alasan lain penyebab diabetes. Kenaikan berat badan sebesar 5 � 10 kg dari berat badan yang sehat akan meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 sebesar dua kali lipat daripada orang yang tidak mengalami kelebihan berat badan.

3. Kolesterol
Lemak perut secara langsung terkait dengan kolesterol tinggi total dan LDL (kolesterol jahat), penurunan HDL (kolesterol baik), dan resistensi insulin.

4. Stroke
Aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah yang dapat menyebabkan pembekuan darah adalah kondisi yang mengawali banyak kasus stroke. Aterosklerosis dipicu oleh tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, merokok, dan kurang olahraga. Sehingga kegemukan dan perut buncit dianggap sebagai faktor risiko sekunder yang dapat mengakibatkan stroke.

5. Gangguan Pernafasan
Terganggunya pernafasan saat tidur lebih umum terjadi pada orang gemuk. Obesitas dikaitkan dengan peningkatan risiko terjadinya asma dan bronkitis berat, serta obesitas sindrom hipoventilasi dan insufisiensi pernapasan.

6. Dampak Sosial dan Psikologis
Dampak sosial merupakan dampak yang cukup menyakitkan, khususnya bagi wanita. Karena cara pandang masyarakat saat ini yang menekankan pada penampilan fisik. Bahwa memiliki perut langsing lebih menarik dari pada memiliki perut buncit. Sehingga mereka yang memiliki perut buncit merasa kurang menarik.

Faktor Penyebab Timbunan Lemak Perut

  • Faktor genetik
  • Kebiasaan konsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi
  • Konsumsi lemak jenuh berlebih
  • Kurang olahraga dan aktivitas fisik
  • Stres, dan sebaginya

Lantas Bagaimana Langkah Awal Mengecilkan Perut Buncit?

Langkah awal untuk mengecilkan perut buncit adalah membakar lemak lebih dulu. Jika Anda buru-buru melakukan sit up, maka Anda salah strategi. Sit up memang dapat membentuk perut namun bukan untuk membakar lemak. Mulailah langkah-langkah berikut ini secara teratur:

Latihan Kardio
Lakukan olahraga kardio 30-45 menit 4-5 kali dalam seminggu. Anda dapat mengkombinasikan latihan kardio seperti jogging, bersepeda, atau berenang. Jika dilakukan rutin dan intensitas yang tepat, bisa membakar lemak berlebih sekaligus melatih jantung Anda.

Atur Pola Makan
Hindari makanan berlemak dan berkalori tinggi untuk mencegah penimbunan lemak baru. Perbanyaklah makan sayur dan buah-buahan. Ganti sumber karbohidrat sederhana dari nasi putih menjadi karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau oatmeal. Jika pola makan Anda masih berantakan maka sekeras apapun Anda berolahraga hasilnya tidak akan maksimal.

Incoming search terms:

Turunkan Berat Badan Dengan Goyang “Turun Naik Challenge”
Langsung aja ya, tinggal ikutin gerakannya seperti
Tips Awet Muda Wajah Kencang Secara Alami
Tips Awet Muda Wajah Kencang Secara Alami
Mempunyai muka elegan benar-benar senantiasa jadi dambaan
Cara Mengecilkan Perut Saat Puasa
Cara Mengecilkan Perut Saat Puasa
Mengecilkan perut saat puasa? Jawabannya tetap bisa.
Menu Diet Food Combining Untuk Menurunkan Berat Badan
Menu Diet Food Combining Untuk Menurunkan Berat Badan
Menu diet food combining merupakan pilihan tepat

Leave a reply "6 Bahaya Perut Buncit Bagi Kesehatan Dan Cara Mengatasinya"

Must read×

Top